jump to navigation

MINYAK CENGKEH HASILKAN RUPIAH 30 Oktober 2010

Posted by uminoty in catetan pribadi.
Tags: ,
trackback

Bisnis penyulingan daun cengkeh untuk menghasilkan minyak cengkeh yang dilakukan seorang pengrajin dari Purworejo yakni Nurudin terbukti menjanjikan keuntungan layak bagi pelakunya. Bagaimana tidak, resiko usaha itu kecil tapi hasilnya cukup menjanjikan.

Adapun proses penyulingan minyak cengkeh adalah sebagai berikut: kleyang (daun kering) dimasukkan dalam ketel untuk kemudian direbus sehingga menghasilkan uap yang membawa kandungan minyak daun cengkeh. Uap hasil perebusan tadi lalu dialirkan melalui pipa menuju bak pendinginan berisi air.

Dari uap tersebut selanjutnya berpusar sebanyak 4 kali pusaran sebelum akhirnya mendingin. Akibat pendinginan, uap minyak bercampur air pada pipa itu lalu mengembun dan menetes ke dalam drum-drum yang diletakkan di bagian ujung pipa bak pendinginan.

Setelah itu campuran air dan minyak hasil penyulingan didiamkan selama beberapa jam sampai minyaknya mengendap di dasar drum. Seterusnya air dibuang, sementara minyak disaring dengan kain kassa supaya hilang kotorannya. Baru kemudian minyak daun cengkeh yang berwarna coklat kehitaman itu ditampung dalam jerigen-jerigen plastik dan siap dijual. Proses penyulingan ini berlangsung selama 8 jam.

Sekali proses produksi dengan 7 kwintal kleyang menghasilkan sekitar 17-18 Kilogram minyak cengkeh dan jika pasaran sedang bagus, harga per kilonya mencapai 45 ribu rupiah.

Sementara itu kleyang yang sudah disuling minyaknya masih bermanfaat sebagai bahan bakar proses penyulingan berikutnya lantas jika telah menjadi abu dapat digunakan untuk pupuk tanaman seperti lombok, kacang dan lain-lain.

Sumber : http://www.sinartani.com

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: